Kamis, 05 Mei 2011

Tips menghadapi orang yg emosi

Alangkah baiknya walaupun kitamampu menahan amarah pada diri kita ,tapi kita juga mesti tahu bagaimana cara menghadapi orang yang sedang terbakar oleh emosi .

Menurut psikolog di Amrik, Patricia Patton, cara menghadapi orang yang sedang 'panas' adalah dengan cara meningkatkan peran EQ (Emotional Quotient) atau kecakapan emosi anda. ada beberapa tips:

- Positive thinking
Daripada ikut-ikutan emosi, lebih baik anda tenangkan diri. ingat bahwa setiap manusia pasti di liputi dg masalah,dan masalah pasti ada jalan keluarnya.." Inna ma'al 'usri yusro . Fa inna ma'l usri yusroo".( sesungguhnya setiap kesulitan ada kemudahan, maka sesungguhnya setiap kesulitan ada kemudahan)
ahli tafsir ada yang menafsirkan bahwa setiap 1 kesulitan ada 2 jalan penyelesianya ( kemudahan)...

- Kontrol diri
Jangan tergesa-gesa menyalahkan orang yang sedang marah, apalagi sampai melakukan aksi balas marah. dan jangan mengatakan yang membuat emosinya makin terbakar

- Hargai pihak lain
sebesar apapun amarahnya ,berusahalah untuk bersabar untuk menyimak kemarahanya,karena setiap kemarahn pasti beralasan.

- Empati
Coba pahami penyebab kemarahannya. apakah karena kesalahan kamu atau memang kslahan dia sendiri, setiap kata yang dia umpatkan ke kamu ( kata jelek ) anggapa saja itu dalah kelemahannya.

- Fokuskan pada masalah, bukan pada pribadi
Jangan mencari-cari alasan pribadi dalam menghadapi kemarahan orang lain.

- Obyektif
Pikirkan di mana letak persoalannya dan apa yang menjadi penyebab kemarahannya. Kemudian coba introspeksi diri, apa dan dimana kelemahan nya. Jika kamu memang salah, kamu harus bersedia mengakui kesalahan anda.

- Jangan abaikan kritik
Jika memang kamu berada di pihak yang salah, dengarkan pendapat pihak lain sekalipun itu kritik.karena omongan musuh adalah nasehat buat kita,tapi pujian seorang kawan adalah kelemahan untuk kita..

dan yang terpenting kita harus bisa menahan emosi diri sendiri , jangan trpancing kemarahn orang lain.selalulah bersikap rendah diri terhadap diri sendiri maupun orang lain...

Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu, ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi sholallahu ‘alaihi wa sallam, “Berilah aku wasiat.” Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan marah!” Dia bertanya berulang-ulang dan tetap dijawab, “Jangan Marah!” (HR Bukhori).

Wallahu a'lam ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar